Lagu-lagu Daerah Tradisional Nusantara Beserta Makna/Artinya

Lagu-lagu Daerah Tradisional Nusantara Beserta Makna/Artinya

Lagu-lagu Daerah Tradisional Nusantara Beserta Makna/Artinya

BUNGONG JEUMPA

Sponsored Ads

Aceh

Bungong jeumpa bungong jeumpa

Megah di Aceh

Bungong telebeh-telebeh

Indah lagoina
Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah thah ruah

Puteh kuneng mejampu mirah

Keumang siulah cidah thah ruah

Lam sinar buleun lam sinar buleun

Angen peu ayon

Ruroh mesuson-mesuson
Nyang mala-mala
Mangat that mebe’i menyo tat him com
Lepah that harum si bungong jeumpa

Mangat that mebe’i menyo tat him com

Lepah that harum si bungong jeumpa

Arti Lagu Bungong Jeumpa :

Bunga Jeumpa Bunga Jeumpa
Megah di Aceh
Bunga yang lebih indah
Dari bunga2 yang lain

Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa yang indah sekali
Putih kuning bercampur merah
Kembang jeumpa ini yang indah sekali

Dalam sinar bulan dalam sinar bulan
Angin berayun
Jatuh berguguran
Yang selama-lamanya

Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa
Enak sekali bauknya kalau kita cium
Sangat harum si bunga jeumpa


DEK SANGKE

Sumatera Selatan

Dek sangke, aku dek sangke, awak tunak ngaku juare,

Alamat badan ‘kan sare akkhirnye masuk penjare.

Dek sangke, aku dek sangke, ujiku bujang tak batanye tua bangke,

Anaknye ‘lah gadis gale.

Dek sangke, aku dek sangke, ujiku gadis tak batanye jende mude.

Anaknye ‘lah ade tige.

Dek sangke ture sangke,

cempedak babuah nangke…

Arti Lagu Dek Sangke :

Tak kusangka, tak disangka,

Orang lemah mengaku hebat, akhirnya akan susah,

Tak kusangka, tak disangka, kukira bujang,

ternyata tua bangka, anaknya gadis semua,

Tak kusangka, tak disangka,

Kukira gadis ternyata janda, anaknya ada tiga!

Tak kusangka, tak disangka,

cempedak berbuah nangka!

 

ANJU AHU

Sumatera Utara

Anju au sai anju au ale anggi

Di namuruk manang marsak rohakki

Nang so hupaboa arsak nadiroha

Holong ni rohakku sa hot do i

Anju au sai anju ai ale anggi

Ekkel mi mambaen pasonang rohakki

Tung saleleng au di lambung mi

Anju au sai anju au ale anggi

Makna Lagu Anju Ahu :

Lagu ini menceritakan sepasang kekasih yang sedang dirundung masalah.

Si laki laki tengah memiliki masalah, namun dia berharap si perempuan mengerti apa yang dia alami, agar si perempuan itu menghibur si laki laki itu.

Anju berarti Bujuk atau Rayu atau Hibur, Maklum

Dalam lagu ini, lebih cocok Bujuk, Hibur dan Maklum.

Dalam bait pertama, Anju Ahu lebih dimaknai sebagai “Maklumi aku”, “Mengerti/Pahami Aku”.

Sedangkan dalam bait kedua, Anju ahu lebih dimaknai sebagai “Bujuk Aku”, “Hibur Aku”.

Anggi berarti adik.

Dalam lagu ini diperluas menjadi adik sayang/kekasih tersayang.

Bait pertama udah dijelaskan sama bang Rhaja 🙂

Untuk bait kedua, ini dia:

Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi…

(Hibur aku, hiburlah aku, oh adek ku …)

Engkel mi, mambaek sonang rohakki

(Senyummu, membuat senang hati ku …)

Nung sai leleng au dilambung mi

(Sudah lama aku [berada] didekat mu….]

Anju ahu, sai anju ahu, ale anggi …

[Bujuk aku, hiburlah aku, oh adikku…)

SINANGGAR TULO

Sumatera Utara

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo a tulo

Sinanggar tulo a tulo

Tu di ama luluan

Dagoreng goreng bahen soban

Sai tu di ama luluan

Da boru bing bahen dongan

Sinanggar tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo tulo a tulo

Sinanggar tulo a tulo

Sinanggar tulo a tulo

Bidang bulung ni dulang

Sai pandokonni da inang

Daikkondo marboru tulang

Sinanggar tulo a tulo

Arti Lagu SInganggar Tulo:

Sinanggar tulo= tidak mempunyai arti

Tu = kepada, ke

Ama = bapak atau saudara laki-laki dari bapak

Luluan = mencari

Da = bukankah

Dahen = kotor

Soban = kayu bakar

Sai = selalu saja

Boru = saudara kerabat, turunan

Dongan = kawan, sahabat

Bidang = lebar

Bulung = daun

Ni = oleh

Dulang =pohon jarak

Dainang = ibu kandung

Mar = apa yang ditakutkan

Tulang = paman

ASING SING SO

Sumatera Utara (Lagu Batak)

(Ciptaan S. Dis)

Ue……..

Lugahon au da parau

Ullushon au da alogo

Tu huta ni da tulang i

Ue…….

Lugahon au da parau

Ullushon au da alogo

Manang tu dia pe taho

Sotung manimbil roham da hasian

Paima so ro sirongkap ni tondim

Tiur ma tongtong langkani baoadi

Tarsongon…………

Parbissar ni mata niari da

Arti Lagu Asing sing so :

Ya…..

Lajulah perahu, bawalah aku

Tiupkanlah aku angin

jauh

Biarpun ke tempat

Ya…..

Lajulah perahu, bawalah aku

Tiupkanlah aku angin

Ke kampung pamanku

Janganlah berpaling perhatianmu, sayang

Menunggu datangnya jodohmu

Terang dan selamat langkah anak lelaki

Seperti……

Timbulnya cahaya matahari

AYAM DEN LAPEH

Sumatera Barat

Luruihlah jalan payakumbuah

Babelok jalan ka Andaleh

Dima hati Indak Karusuah

Ayam den Lapeh..

Aii Aii Ayam den Lapeh..

Mandaki jalan Pandai Sikek

Manurun jalan ka Palupuah

Dima hati indak ka Maupek

Awak takicuah..

Aii Aii ayam den Lapeh…

Saikua capang saikua capeh

Saikua tabang saikua Lapeh

lapeh lah juo nan karimbo

oi lah malang juo…

Pagaruyuang Batusangka

Tampek bajalan  urang Baso

Hai duduak tamanuang tiok sabanta

Oi Takana juo…

Aii Aii Ayam den lapeh…

Arti Lagu Ayam Den Lapeh :

Luruslah jalan payakumbuh

Berbelok jalan ke Andalas

Dimana hati ga akan resah/rusuh

Saya terkecoh/tertipu

Aii Aii ayamku lepas

Mendaki jalan Pandai Sikat

Menurun jalan ke Palupuh

Dimana hati tidak akan mengumpat

Saya terkecoh/ketipu

Aii Aii Ayamku Lepas

Seekor Capang seekor capeh

seekor terbang seekor lepas

lepas lah juga dia ke rimba

Oi lah malang jua..

Pagaruyung Batusangkar

tempat berjalan orang Baso

Hai duduk termenung tiap sebentar

Oi terkenang/teringat jua

Aii Aii ayamku lepas..

KAMPUANG NAN JAUH DI MATO

Sumatera Barat

Kampuang nan jauh di mato
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang
Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang
Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang

Arti Lagu :
Kampung halaman yang jauh di mata
Gunung banyak sekelilingnya
Terkenang pada kawan-kawan lama
Saat aku bersuling-suling (memainkan suling)
Penduduknya yang baik
Yang suka bergotong royong
kalau susah sama-sama dirasa
Aku teringat pada kampung
Terkenang pada kampung halaman
Ibu ayah adik semuanya
Serasa memanggil aku pulang
Aku teringat pada kampung

Simak Juga :   Makalah PKN tentang ASEAN Lengkap

KAMBANGLAH BUNGO

Sumatera Barat

Kambanglah bungo parawitan,

Simambang riang ditarikan,

Di desa dusun Ranah Minang

Bungo kambang, sumarak anjuang,

Pusako Minang, tanah Pagaruyuang

Dipasuntiang siang malam,

Tabayang-bayang rumah nan gadang

Arti Lagu Kambanglah Bungo :

Mekarlah bunga idaman yang megah,

Tari Simambang ditarikan

di kampung desa Tanah Minang

Bunga mekar, semarak anjungan rumah gadang,

pusaka minang, tanah Pagaruyung

dipersunting tiap waktu

dalam bayangan rumah yang besar (rumah gadang)

KABILE-KABILE

Sumatera Selatan

Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance

Kabile nian jagunglah putih
Putih dik putih kukendam kina
Kebile nian ibung kah nulih
Nulih dik nulih kudendam kina

Kabile nian mampat begune
Mangke dik payah ku nandan lagi
Kebile nian sifat begune
Mangke dik payah ku midang lagi

Oh, malang nian nasib ‘mbak ini
Bilangan jeme lah laut gale
Alahkah sedih ai tumbak ini
Aku ‘mbak ini dide bekance

Arti Lagu :

Kapan aku lega?

Kapan aku mempunyai kawan

Kapan aku lega?

Kapan aku mempunyai kawan

Kapan jagung akan matang

Mau matang atau tidak, akan kutunggu

Kapan ibu akan pulang

Mau pulang atau tidak tetap kunanti

Kapan aku berguna?

Biar tidak capek, aku main lagi

Kapan aku sifat berguna

Biar tidak capek aku jalan lagi

Oh, malangnya nasibku

Semua orang sudah pergi

Sedihnya Aku

Aku tak mempunyai teman

TANDUK MAJENG

Jawa Timur (Madura)

Ngapote Wak Lajereh etangaleh,

Reng Majeng Tantona lah pade mole

Mon e tengguh Deri abid pajelennah,

Mase benyak’ah onggu le ollenah

Duuh mon ajelling Odiknah oreng majengan,

Abental ombek Asapok angin salanjenggah

Ole…olang, Paraonah alajereh,

Ole…olang, Alajereh ka Madureh

Arti Lagu Tanduk Majeng:

(layar) putihnya mulai kelihatan,

Orang nelayan (pencari ikan) tentulah sudah pada pulang

Kalau (dilihat) dari lamanya perjalanan,

Tentu hasil ikannya sangat banyak …

Duuh kalau dilihat hidupnya orang pencari ikan,

Berbantal ombak berselimut angin selamanya (sepanjang malam)

Ole… olang, perahunya mau berlayar,

Ole… olang, berlayar ke madura

BUBUY BULAN

Jawa Barat

Ciptaan : Beny Korda

Bubuy bulan bubuy bulan sangray bentang

Panon poe panon poe disasate

Unggal bulan unggal bulan abdi teang

Unggal poe unggal poe oge hade

Situ Ciburuy lauk na hese di pancing

Nyeredet hate ningali ngeplak cai na

Aduh eta saha nu ngalangkung unggal enjing

Nyeredet hate ngingali sorot soca na

Arti Lagu Bubuy Bulan:

Bubuy Bulan sangray bintang

Matahari matahari dibikin sate

tiap bulan tiap bulan temuilah aku

Tiap hari tiap hari juga baikDanau Ciburuy ikan nya susah di pancing

Tergetar hati melihat bening dan luas airnya

Duh itu siapa yang lewat tiap pagi

Tergetar hati memandang sorot matanya

CING CANGKELING

Jawa Barat (Sunda)

Kleung dengklek buah kopi rarang geuyan

Keun anu dewek ulah pati diheureuyan

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten

Plos kakolong bapak satar buleneng

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan

Layarna bodas jeung celak kasurung kaombak ombak

Arti Lagu Cing Cangkeling :

Syair lagu ‘Cing cangkeling’ yang terlihat seperti syair tanpa makna, dan hanya sebatas guyonan belaka, ternyata memiliki kedalaman makna yang luar biasa tentang ketenangan jiwa. Entah siapa yang menggubah syair lagu ini. Tapi yang penting bukan siapa pembuatnya, melainkan apa pesan yang diselipkan oleh si penggubah syair ‘Cing cangkeling’.

“Cing cangkeling, cing-cing eling manusia semua. Manuk (Burung) bisa digunakan sebagai perlambang hati. Apa sebabnya? Sebab hati seperti manuk yang bisa terbang kemana saja semau dirinya. Manuk cingkleung cineten, hati yang suka melirik-lirik ke sekitarnya itu harus tenang. Kalau hati sudah tenang, hati akan masuk ke kolong langit. Blos ka kolong, dan akan mendapatkan Bapa satar. Satar artinya dunia. satar berasal dari bahasa sunda kuno, artinya rendah. Silahkan tanya Kiai, dalam bahasa Arab dunia artinya rendah, adyan. Jadi, satar jeung dunia merupakan kata yang maksudnya sama. Kalau hati kita sudah tenang, maka kita akan mendapat dunia yang Bulendeung, yaitu penuh rahmat dan berkah Tuhan.”

MANUK DADALI

Jawa Barat

Ciptaan :Sambas Mangundikarta

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang

Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang

Kukuna ranggoas reujeung pamatukna ngeluk

Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna

Tandang jeung pertentang taya bandingannana

Dipikagimir dipikaserab ku sasama

Taya karempan kasieun leber wawanenna

Refrain :

Manuk dadali manuk panggagahna

Perlambang sakti Indonesia Jaya

Manuk dadali pangkakoncarana

Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri

Silih pikanyaah teu inggis bela pati

Manuk dadali ngandung siloka sinatria

Keur sakumna Bangsa di Nagara Indonesia

Arti Lagu Manuk Dadali :

BURUNG GARUDA

Terbang melesat tinggi, jauh di awang-awang

Merentang sayapnya, tegak tanpa ragu

Kukunya panjang dan paruhnya melengkung

Menyongsong langit dengan cergas terbangnya

Siapa yang bisa menyaingi keberaniannya

Gagah perkasa tanpa tandingan

Dihormati dan disegani oleh sesama

Tanpa ragu tanpa takut, besar nyalinya

Refrain :Burung garuda, burung paling gagah

Lambang sakti Indonesia jaya

Burung garuda, yang paling tersohor

Senang bersatu, rukun semuanya

Hidup berhimpun tanpa saling iri

Saling menyayangi, tak sungkan membela

Burung garuda adalah lambang kesatriaan

Untuk seluruh bangsa di negara Indonesia

 

PANON HIDEUNG

Jawa Barat

Ciptaan : Ismail Marzuki

Panon hideung pipi koneng

Irung mancung Putri Bandung

Putri saha di mana bumina

Abbi reseup kaanjeunna

Siang wengi kaimpi-impi

Hate abdi sara redih

Teuemut dahar

Teuemut nginum

Emut kanu geulis

Panon Hideung

Arti Lagu Panon Hideung :

Mata hitam pipi kuning

Hidung mancung putri Bandung

Anak siapa di mana rumahnya

Aku suka padanya

Siang malam terimpi-impi

Hatiku merasa sedih

Lupa makan

Lupa minum

Ingat pada si cantik

Mata hitam

PILEULEUYAN

Jawa Barat

Hayu batur hayu batur urang kumpul sarerea

Hayu batur hayu batur urang sosonoan heula

Pileuleuyan pileuleuyan sapu nyere pegat simpay

Pileuleuyan pileuleuyan paturay patepang deui

Amit mundur amit mundur amit ka jalma nu rea

Amit mundur amit mundur da kuring arek ngumbara

Tentang Lagu Pileuleuyan:

Arti pileuleuyan adalah Berpisah untuk berjumpa lagi, ada juga yang bilang kalau artinya adalah Yang selalu dirindukan.Perpisahan, farewell, sayonara, pileuleuyan itu mah kata orang Sunda nya’, memang tidak enak. Tetapi apa boleh buat, apa hendak dikata. Perpisahan kadang juga suatu awal dari kemajuan karir seseorang, perpisahan dengan teman, tetangga, sejawat di kantor dll, tentunya akan membawa suasana haru, sedih, kadang menangis, tetapi biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Setelah itu semuanya akan berjalan sebagaimana biasa lagi. Maunya sih memang tidak usah ada perpisahan, tapi kayaknya sudah jadi hukum alam bahwa setiap ada perjumpaan pasti akan ada perpisahan

Simak Juga :   Info : Kuch Kuch Dangdut - Indosiar akan segera Tayang

GUNDUL PACUL

Jawa Tengah

Ciptaan : R.C. Hardjosubroto

Gundul gundul pacul cul gembelengan

Nyunggi-nyunggi wakul kul gembelengan

Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Tentang Lagu Gundul Pacul :

‘Gundul pacul’ artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul utk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya/orang banyak. Orang Jawa mengatakan pacul adalah ‘Papat Kang Ucul’ (4 yg lepas). Kemuliaan seseorang tergantung 4 hal, yaitu bagaimana menggunakan mata, hidung, telinga dan mulutnya.

  1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat/masyarakat.
  2. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat.
  3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
  4. Mulut digunakan untuk berkata adil. Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya. ‘Gembelengan’ artinya besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.

Arti harafiahnya jika orang yg kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu mengakibatkan:

GEMBELENGAN (congkak/sombong). NYUNGGI2 WAKUL (menjunjung amanah rakyat/org bnyk) GEMBELENGAN (sombong hati), akhirnya WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan)

GAMBANG SULING

Jawa Tengah

Ciptaan : Ki Nartosabdo

Gambang suling ngumandang swarane

Tulat tulit kepenak unine

U~nine mung nrenyuh ake

Barengan lan kentrung ketipung suling

Sigrak kendangane

Arti Lagu Gambang Suling:

Gambang suling berkumandang swaranya

Tulat-tulit enak bunyinya

Bunyinya hanya mengharukan

Bersama kentrung ketipung suling

Mantap bunyi kendangnya

CUBLAK-CUBLAK SUWENG

Jawa Tengah

Cublak-cublak suweng

Suwenge ting gelenter

Mambu ketundung gudhel

Pak gempo lerak-lerek

Sopo ngguyu ndelekakhe

Sir-sir pong dele kopong

Sir-sir pong dele kopong

Sir-sir pong dele kopong

Makna Lagu :

Kita sebagai manusia biasa yang tercipta dari tanah. Makanya dalam permainan seorang anak harus telungkup mencium tanah seolah sedang sujud. Hanya manusia biasa yang tak tak tahu apa-apa. Namun manusia tetap ada hasrat nafsu sebagaimana nabi Adam dikeluarkan dari surga karena mencium wanita. Manusia mempunyai hasrat nafsu harta, tahta dan wanita. Dalam lagu daerah ini manusia tetap memenuhi hasratnya untuk mencari harta (”cublak-cublak suweng”). Namun harta tercecer dimana-mana dan semua orang pasti menginginkannya. Begitu mudahnya tercium ’bau’ harta sampai orang tak berilmu pun tahu, kita tahu bahwa setiap hari ada maling, copet, koruptor yang mengincar harta. Zaman sekarang istilah koruptor identik dengan ”tikus” yang sama saja binatang atau ”gudhel” dalam lagu ini. Berarti zaman lagu dan permainan ini ditemukan, sudah diajarkan kepada masyarakat bahwa kita harus was-was akan bahaya koruptor.

Dan kita tahu tampang para koruptor seperti apa, biasanya mereka selalu senyum mesem-mesem (”sopo ngguyu ndelekakhe”). Lihatlah tampangnya para koruptor yang tetap saja nyengir meskipun sudah dipanggil KPK.

Cara terbaik untuk mencari harta adalah dengan hati nurani yang bersih. Tidak dipengaruhi hawa nafsu dsb. Dengan hati nurani akan lebih mudah menemukannya, tidak tersesat.

Ternyata memang luar biasa makna permainan Jawa yang diajarkan Sunan Giri ini. Walisongo memang telah mengajarkan mengenai suatu perjalanan hidup setiap manusia sehari-hari. Setiap hari kita mencari harta, harta tak hanya berupa kekayaan bisa berupa ilmu, jabatan, dan setiap pemuas kebutuhan hidup manusia. Permainan ini diajarkan penyebar Islam di tanah Jawa sehingga pastilah berlandaskan Islam, untuk mencari harta janganlah menuruti hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani.


PADANG WULAN

Jawa Tengah

Yo pra kanca dolanan ing jaba,

Padhang wulan padhange kaya rina

Rembulane e sing awe awe,

Ngilangake aja padha turu sore

Yo pra kanca dolanan ing jaba,

Rame-rame kene akeh kancane

Langite pancen sumebyar rina,

Yo padha dolanan sinambi guyonan

Arti Lagu Padang Wulan :

Ayo teman-teman bermain di luar rumah,

Terang bulan terangnya seperti siang

Bulannya melambai-lambai memanggil,

mengingatkan agar jangan tidur karena masih sore

Ayo teman-teman bermain di luar rumah,

Ramai-ramai di sini banyak teman

Langitnya memang seperti siang,

Ayo bermain sambil bercanda tawa.

LIR-ILIR

Jawa Tengah

Lir-ilir, lir-ilir

Tandure wong sumilir

Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar

Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi

Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir

Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane

Sun surako… surak hiyo…

Arti Lagu Lir-Ilir:

Sayup-sayup bangun (dari tidur )

Pohon sudah mulai bersemi,

Demikian menghijau bagaikan gairah pengantin baru

Anak penggembala, tolong panjatkan pohon blimbing itu,?

walaupun licin(susah) tetap panjatlah untuk mencuci pakaian

Pakaian-pakaian yang koyak(buruk) disisihkan

Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore

Mumpung terang rembulannya

Mumpung masih banyak waktu luang

Mari kita bersorak-sorak ayo…

SUWE ORA JAMU

Jawa Tengah

Suwe ora jamu

Jamu godhong tela

Suwe ora ketemu

Ketemu pisan gawe gela

Arti Lagu Suwe Ora Jamu:

Lama tidak minum jamu

Jamu daun ketela

Lama tidak bertemu

Bertemu sekali bikin kecewa

Lirik yang sederhana namun penuh makna, bernada riang dan ringan untuk dinyayikan, maksut dari lagu ini adalah dimana dua orang yang tlah lama tak bertemu dan waktu bertemu sungguh mengecewakan. Banyak tafsir yang dapat disimpilkan dari lagu ini.

JANGER (DON DAP DAPE)

Bali

Don
dap dape don dap dape lum lum gading
dap dape don dap dape lum lum gading


Panak
panak biu panak biu di kedaton

Panak
biu di kedaton

Titiang
nembe titian nembe tuun megending
nembe titian nembe tuun megending


Anak-anak
liu anak liu rawuh menonton

Anak-anak
liu menonton

Ngiring
mangkin ngiring mangkin

Masuka
rena masuka rena

Ampura ugi para
semeton sareng sami kecak

Makna Lagu:

  1. Lagu ini menggambarkan suka cita remaja putra dan putri.
    Berbentuk sajak, yang mempunyai kemiripan bunyi pada akhir kata/ suku kata. Perhatikan: bunyi “e” dari kata “dadape” dengan kata “nembe”. Bunyi pada suku kata “ding” dari kata “gading” pada baris (?) pertama (2x) dengan kata “megending”. Begitu juga suku kata “ton” dari kata “kedaton” dan kata “menonton”.
  2. Makna isi/ pesan/ ungkapannya terdapat pada kalimat:
    – Tiang (Saya) nembe (tumben), (2x) tuun (pentas) megending (menyanyi)
    – Ngiring (ayolah) mangkin (sekarang juga) mesuka rena (bergembira)
    – Ampura (mohon maafn) ugi (kepada) para (para) semeton (saudara sekalian)
  3. terjemahan kata-kata lainnya, yaitu: don (daun); dap-dap (nama pohon: umumnya dipakai tempat menaruh sajen berupa empat tiang dan dikenal dengan turus lumbung); gading (kuning, seperti warna bambu kuning/ tiying gading). Janger (nama/ judul lagu tsb).
Simak Juga :   Kisah Orang Tua Begal yang Dibakar Hidup-hidup

CIK-CIK PERIOK

Kalimantan Barat

Cik cik periook

Bilanga sumbing dari jawe

Datang nek kecibok bawa kepiting dua ekor

Cak cak bur dalam bilanga

Picak idung gigi ronggak

Sape kitawa dolok dipancung raje tunggal

Arti Lagu Cik-cik Periok:

Cik cik periuk

Belanga sumbing(pecah) dari jawa

Datang nenek kecibok bawa kepiting dua ekor

Diceburkan ke belanga

Hidung pesek gigi ompong

Siapa ketawa dulu

Dipancung raja tunggal

AMPAR-AMPAR PISANG

Kalimantan Selatan

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga lepak mangga lepok

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api

apinya clanculupan

Bengkok dimakan api

apinya clanculupan

Nang ma nang batis kutung dikitip bidawang

Nang ma nang batis kutung dikitip bidawang

Arti Lagu Ampar-ampar Pisang:

susun-susun pisang

pisangku belum masak

masak sebutir (sebuah), dipenuhi bari-bari*

manggalepak, manggalepok (bunyi dahan/kayu yang patah)

Patah kayu yang bengkok

yang bengkok dilalap api

apinya hampir padam

siapa kaki yang buntung, berarti dimakan oleh bidawang**

mangaricak, mangaricak (bunyi kayu yang patah diseruduk sapi)

patah kayu yang bengkok

diseruduk sapi, diseruduk sapi, kulit bawang

keterangan :

*sejenis binatang kecil-kecil yangbiasa memenuhi buah-buahan, sampah, dll selain lalat

**sejenis binatang penyu

ESA MOKAN

Sulawesi Utara

Esa mokan genangku wia niko

Tea mo ma dua dua genang e karia

Mengale ngale uman wia si Opo Wailan

Pakatuan pakalawiden kita nu waya

Mengale ngale uman wia si Opo Wailan

Pakatuan pakalawiden kita nu waya

Arti Lagu Esa Mokan :

Lirik Arti
Esa mokan Hanya Satu
Genangku wia niko Harapanku padamu
Tia mo mah zua-zua genang Jangan mendua hati
E  Karia E  Sahabat (kekasih)
Mengaley – mengaleyuman Senantia berdoa/meminta
Wia Si Opo Wailan Pada Tuhan
Pakatuan, Pakalawiren,  kita zua ya Diberi umur panjang,  diberkati, kita berdua

O INA NI KEKE

Sulawesi Utara

O ina ni keke, mange wisa ko

Mangewa aki Wenang, tumeles baleko

O ina ni keke, mangewi sako

Mangewa aki Wenang, tumeles baleko

Weane, weane, weane toyo

Daimo siapa ko tare makiwe

Weane, weane, weane toyo

Daimo siapa kotare makiwe

Arti Lagu O Ina Ni Keke:

Lirik Arti
O Ina Ni Keke O Ibu dari Keke ( Keke adalah nama panggilan untuk anak perempuan)
Mange Wisa Ko Mau pergi ke mana kau
Mange wi ti Wenang Mau ke Manado
Tu meles Walekow Mau membeli “walekow”
Wehane, wehane, wehane toyo Berilah, berilah, berilah sedikit
Zeimo siapa Sudah tidak ada
Ko tare mahaley Kau baru meminta

RASA SAYANG-SAYANGE

Maluku

Rasa sayang e… rasa sayang sayang e…
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e

Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari…
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri

Si Amat mengaji tamat, mengaji Qur’an di waktu fajar…
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar

Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi…
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi

 

Tentang Lagu :

Rasa Sayange atau asa Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku yang diklaim oleh pihak Malaysia yang berasal dari Melayu, Malaysia. Lagu ini merupakan lagu anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat .

Jika didengarkan, lagu ini layaknya seperti sajak atau pantun yang bersahutan, yang merupakan tradisi lisan orang Maluku. Oleh karenanya banyak versi dari lagu ini karena liriknya dapat dibuat sendiri sesuai maksud dan tujuan dari lagu tersebut.

 

APUSE

Papua

Apuse kokon dau ya rabe soren doreri

Wuf lenso bani nema baki pase

Apuse kokon dau ya rabe soren doreri

Wuf lenso bani nema baki pase

Arafabye aswarakwar

Arafabye aswarakwar

Arti Lagu Apuse:

Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang saputangan dan melambaikan tangan

Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang saputangan dan melambaikan tangan

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

YAMKO RAMBE YAMKO

Papua

Hee yamko rambe yamko aronawa kombe

Hee yamko rambe yamko aronawa kombe

Teemi nokibe kubano ko bombe ko

Yuma no bungo awe ade

Teemi nokibe kubano ko bombe ko

Yuma no bungo awe ade

Hongke hongke hongke riro

Hongke jombe jombe riro

Hongke hongke hongke riro

Hongke jombe jombe riro

Arti Lagu Yamko rambe yamko :

Hai jalan yang dicari sayang perjanjian

sungguh pembunuhan di dalam negri

sebagai bunga bangsa

bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bangsa

bunga bertaburan

bunga bangsa, bunga bangsa, bunga bertumbuh

di taman pahlawan

Hasil Penelusuran :

arti kata unch (190) | arti unch (147) | istilah pascol (132) | lirik lagu leeh jodohku dan artinya (108) | arti hck (93) | lirik lagu resar leeh jodohku (74) | singkatan hckd (73) | unch artinya (69) | pascol bigo adalah (60) | marializia hasni hamil (54) | arti pascol di bigo live (53) | Arti lagu leeh jodohku (49) | lirik lagu adista le jodohku beserta artinya (46) | pascol bigo artinya (44) | pengertian colmek (43) | pascol arti (42) | arti dari pascol (39) | arti lagu le jodohku (35) | arti kata pascol di bigo (34) | Lirik Lagu Leeh Jodohku (31) | apa arti unch (26) | artinya pascol (25) | unch unch artinya (20) | apa itu pascol bigo (20) | hckd itu apa (19) | arti kata endos (19) | endos bahasa gaul (18) | arti julit bahasa sunda (17) | arti unch unch (17) | arti lagu le jodoh (16) | lirik lagu adista le jodohku dan artinya (16) | arti pascol adalah (16) | arti kata unch unch (16) | arti lagu adista le jodohku (15) | arti kata unchh (15) | arti pascol bigo live (15) | resar leeh jodohku (14) | apa arti key dalam bahasa gaul (13) | download lagu adista le jodoh versi indonesia (12) | arti endol (12) | arti kata uunncchh (11) | kepanjangan hck (11) | lirik lagu lee jodohku (11) | arti dari unch (11) | Arti le na jodoh (11) | bugel artis telanjang sasa aleksa (11) | makna pascol (11) | arti kata gaul unch (11) | arti endos (10) | hckd artinya apa (10) |

Related Posts